• Loading stock data...

Wakil Ketua Dekranasda Belu Serahkan Sertifikat Pelatihan Tenun Ikat

  • Bagikan

Atambua, BisnisNusantara.com-Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belu Ny. Rinawati Br. Perangin Angin, SE, MM menyerahkan Sertifikat Pelatihan Tenun Ikat Tangan Tradisional kepada Sanggar Anak Belajar Tenun Ikat Nunupu – Kuneru Kelurahan Manumutin Kecamatan Kota Atambua Kabupaten Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penyerahan Sertifikat bagi Instruktur dan Anak-Anak Sanggar merupakan salah satu dukungan dan motivasi karena telah berhasil belajar mengolah Tenun Ikat secara tradisional dengan baik.

Sertifikat diserahkan langsung kepada Pendiri, Instruktur dan Anak-anak Sanggar Belajar Tenun Ikat Tangan Tradisional Nunupu.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Belu Ny. Rinawati Br. Perangin Angin, SE, MM mengapresiasi dan berterimakasih kepada Anak-Anak Sanggar Belajar Tenun Ikat Tangan Tradisional Nunupu.

Sebab, dalam keadaan yang sangat sederhana, kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan dengan segala keterbatasan yang ada walaupun tanpa ada dukungan dana yang memadai, para Instruktur tetap merelakan diri melatih anak-anak dengan baik dan bisa menghasilkan tenunan yang berkualitas untuk dijual ke pasar.

Ini adalah bentuk apresiasi kita dan motivasi kepada anak-anak dan instruktur yang sudah bersemangat melatih menenun dengan baik dan sangat luar biasa. Hasil karya tenunan yang mereka buat sudah layak kita jual di pasar,” ujarnya.

Untuk masyakat Kabupaten Belu terkhusus remaja puteri asal, Wakil Ketua Dekranasda mengharapkan bisa melestarikan dan mengembangkan budaya menenun.

“Saya berharap sanggar ini tetap berlanjut dan kebiasaan menenun menjadi kebiasaan orang Belu sehingga ke depannya kebiasaan menenun diwariskan terus-menerus ke generasi yang baru agar tidak punah,” tandas Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Belu.

Kegiatan Penyerahan Sertifikat Pelatihan tersebut dirangkaikan dengan pemberkatan atribut sanggar anak, ruangan dan peralatan tenun oleh Rohaniawan Katolik Romo Gregorius S. Dudi, Pr, didampingi Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Belu, dan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Belu Fransiskus X. Asten, S.Sos. (cyk)

Sumber: Diskominfo Belu

  • Bagikan