• Loading stock data...

Uskup Atambua, Bupati dan Wabup TTU Panen Perdana Anggur di Pantura

  • Bagikan

Wini, BisnisNusantara.com-Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, Pr bersama Bupati Timor Tengah Utara (TTU) dan Wakil-nya Eusabius Binsasi, Jumat (10/09/2021), melalukan panen perdana buah anggur di Pantai Utara (Pantura) Wini Kecamatan Biboki Anleu.

Panen perdana ini dilakukan setelah sebelumnya Uskup Dominikus melalui Lembaga Keuangan dan Pemberdayaan Ekonomi Credit Union Kasih Sejahtera  pada keuskupan tersebut bersama umat setempat melakukan penanaman 300-an anakan anggur di wilayah tersebut.

Tanaman anggur di Wini-Pantura Kabupaten TTU. (Foto: Facebook/Yoris Samuel Giri).

Tanaman ini dikembangkan Kelompok Tani Satelit. Romo Yoris Giri melalui akun facebooknya menyebut tanaman anggur tersebut merupakan anggur varietas baru. Karena itu, tanaman ini disebut-sebut sebagai tanaman wajib umat katolik Keuskupan Atambua di Pantura mulai dari umat Paroki Atapupu di wilayah pastoral Dekenat Atambua hingga Wini di wilayah pastoral Dekenat Mena.

Mengomentari tautan Romo Yoris, salah satu netizen yang adalah Pater Fritz Meko, SVD, bertanya kepada Romo Yoris, “Wah…… Romo YORIS, di WINI sudah ada Kebun Anggur kah? Luar biasa eeee. Seandainya masyarakat WINI bisa diajak menanam Anggur, saya yakin hidup mereka akan sejahtera. Lahan makin sempit untuk bertani secara tradisional, maka sebaiknya mereka menanam tanaman produktif yang bernilai ekonomis tinggi. Salam dan sukses beri motivasi buat mereka”.

Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, Pr melakukan panen perdana tanaman anggur di Wini-Pantura Kabupaten TTU, Jumat (10/09/2021). (Foto: Tangkapan Layar Youtube/Galery Kolo Yos).

Dalam tangkapan layar Youtube Galery Kolo Yos di bawah judul: Anggur Wini,  memperlihatkan Uskup  Dominikus sedang melakukan panen anggur.

Tampak, panen juga dilakukan Bupati TTU Juandi David dan Wakil Bupati (Wabup)-nya Eusabius Binsasi. Turut panen,  unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),   antara lain Kapolres TTU.

Dalam tangkapan layar Youtube yang sama, Wabup Eusabius kepada media mengapresiasi tanaman anggur tersebut. Tanaman anggur ini disebut-sebut sebagai tanaman anggur pertama yang dikembangkan masyarakat Pantura di Kabupaten TTU.

Wabup Eusabius berharap produksi tanaman anggur di wilayah ini dapat menyejahterakan masyarakat setempat dan masyarakat Kabupaten TTU pada umumnya. (cyk)

  • Bagikan