• Loading stock data...

Tepati Janji Kampanye, Pemkab Malaka Launching Perdana Kartu Malaka Cerdas-Kuliah bagi 500 Mahasiswa

  • Bagikan

Betun, BisnisNusantara.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka di bawah kepemimpinan Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH dan Wakil Bupati Louise Lucky Taolin, SSos menetapi janji kampanyenya.

Salah satu janji yang ditepati adalah memberikan beasiswa bagi para mahasiswa Kabupaten Malaka dengan memberikan Kartu Malaka Cerdas-Kuliah.

Kartu ini diberikan bagi mahasiswa yang masih aktif kuliah dan siap menyelesaikan tugas akhir. Untuk tahap awal, kartu ini diberikan bagi 500 mahasiswa dan segera direalisasikan ke rekening masing-masing.

Bupati Simon Nahak di hadapan Wabup Kim Taolin, Ketua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran, SH, Sekda Donatus Bere, SH, para Asisten Sekda dan pimpinan OPD, Selasa (15/06/2021), mengapresiasi kerjasama tim yang sudah bisa merealisasikan pemberian Kartu Malaka Cerdas-Kuliah.

Bupati Simon menjelaskan, sesuai Amanat UUD 1945 Alinea IV soal mencerdaskan kehidupan bangsa, pemerintah punya tanggungjawab memperhatikan dunia pendidikan.

Baca Juga:  Menjawab Presiden Jokowi, Bupati Simon: Pasar Tradisional di Perbatasan Tetap Dihidupkan

Untuk itu, sesuai janji kampanye pilkada lalu, Bupati Simon dan Wabup Kim akan mengeluarkan Kartu Malaka Cerdas maka saat ini direalisasikan.

Sekda Malaka Donatus Bere (kanan) saat menyerahkan Kartu Malaka Cerdas-Kuliah kepada seorang mahasiswa, Selasa (15/06/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/BisnisNusantara.com).

“Ini bukan pertama dan akhir tapi awal untuk selanjutnya bukan cuma mahasiswa tapi nanti juga pelajar. Kami berterimakasih karena lembaga Dewan mendukung sepanjang program-program kami  menjawabi apa yang disebut  bonum commune suprema lex,” kata Simon.

Bupati Simon menegaskan, dana yang digunakan untuk pemberian bantuan bagi 500 mahasiswa yang merupakan anak Malaka pada beberapa universitas baik di NTT maupun di luar NTT itu tidak mencubit APBD II Malaka.

“Kita tidak ganggu  APBD. Ini ada dana pusat yang membantu daerah terkait pandemi covid-19 sehingga direfocusing untuk dimanfaatkan membantu para  mahasiswa yang terkena dampak bencana dan dari keluarga tidak mampu, anak yatim, piatu dan yatim piatu.  Ke depan tahun 2022 kita sudah  rencanakan ditingkatkan lagi, bukan cuma 500 tapi naik menjadi 1.000 orang,” jelas Bupati Simon.

Baca Juga:  Bupati Malaka Simon Nahak Serahkan Sumbangan Hewan Kurban kepada Umat Islam

Setelah ini, tambah Bupati Simon, pihaknya juga melaunching Kartu Malaka Sehat. Selama ada dana bantuan pusat melalui BPJSKes akan dikomunikasikan guna membantu warga Malaka yang susah dalam bidang kesehatan.

“Dana pusat bisa kita manfaatkan. Intinya bukan untuk kepentingan pribadi tapi warga Malaka. Program kesehatan yang telah dibuat pemimpin sebelumnya baik kita perlu wariskan. Kerjasama kita dengan  RSUD Atambua tetap berlanjut,” kata Simon.

Bupati Malaka Dr Simon Nahak SH, MH (keempat dari kiri), Ketua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran, SH (ketiga dari kiri), Wakil Bupati Malaka Kim Taolin, SSos (keempat dari kanan) dan Sekda Malaka Donatus Bere, SH (ketiga dari kiri) pose bersama perwakilan mahasiswa dan mahasiswi penerima Kartu Malaka Cerdas-Kuliah di Aula Kantor Bupati Malaka, Selasa (15/06/2021). (Foto: Cyriakus Kiik/BisnisNusantara.com).

Sekda Malaka yang juga adalah Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),  Donatus Bere mengatakan, untuk tahap awal baru
500 mahasiswa baik jenjang  S1, D3 dan D4 yang siap menyelesaikan studi.

“Ke depan juga untuk  SLTA berupa  beasiswa bagi pelajar yang ekonomi kurang mampu tapi berprestasi. Ini bantuan tulus pemerintah di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang  berdampak pada ekonomi. Ini stimulan yang diberikan kepada mahasiswa. Laporan penggunaannya akan disampaikan ke Pemda,” kata Donatus.

Baca Juga:  Bupati Simon: Pancasila Tetap Jadi Falsafah Masyarakat Malaka

Pada tahap ini, katanya, realisasi untuk mahasiswa S1 sebesar Rp5 juta, mahasiswa D3-D4 Rp 2,5 juta sehingga ditotalkan Rp2,4 miliar lebih. Setelah dilaunching ini, segera pula direalisasikan dan masuk ke rekening setelah yang berhak menerima menunjukan Kartu Malaka Cerdas-Kuliah.

Ketua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran, SH mengapresiasi bupati dan wabup atas bantuan kepada mahasiswa ini. Dirinya menyampaikan pesan kepada calon penerima agar menggunakan uang itu sesuai peruntukannya jangan untuk tujuan lain.

“Lembaga Dewan dukung penuh  program sesuai  visi misi karena tujuannya untuk  kesejahteraan warga Malaka. Kita jangan kalah dengan daerah lain. Pesan saya kepada adik-adik mahasiswa jangan salahgunakan uang itu karena akan dipertanggungjawabkan lagi penggunaan,” demikian Adrianus. (cyk)

  • Bagikan