• Loading stock data...

Program Prioritas Swasembada Pangan Kabupaten Malaka Didukung Polsek Wewiku

  • Bagikan

Betun, BisnisNusantara.com-Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH mengakui, Program Prioritas Swasembada Pangan Kabupaten Malaka didukung pihak Polsek Wewiku, jajaran Polres Malaka.

Hal ini terbukti dengan penanaman cabai besar yang panen perdananya dilakukan langsung di Kebun Percontohan Polsek Wewiku di Desa Biris Kecamatan Wewiku, Senin (07/0672021).

“Kegiatan pertanian seperti yang dilakukan Polsek Wewiku sangat mendukung program prioritas Kabupaten Malaka yakni Swasembada Pangan”, tandas Bupati Simon.

Menurut Bupati Simon, program swasembada pangan harus dimulai dengan pemberdayaan lahan dan tanaman. Sehingga, masyarakat harus diberi semangat untuk bekerja dan produksinya akan dipasarkan secara baik sehingga tidak sia-sia.

Pemerintah juga akan berkolaborasi dengan berbagai komponen dalam meningkatkan swasembada pangan khususnya yang berkaitan dengan bidang pertanian.

Baca Juga:  Bupati Malaka Simon Nahak Serahkan Sumbangan Hewan Kurban kepada Umat Islam

Bupati Simon menjelaskan, melalui dinas tekhnis seperti Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), program penanaman hasil perkebunan seperti yang dilakukan Polsek Wewiku harus didukung.

“Setelah melihat apa yang telah dihasilkan ini, instansi teknis seperti Pertanian dan Ketahanan Pangan harus bisa intervensi menggunakan pembibitan, pemupukan dan pendampingan, sehingga tetap bermanfaat bagi masyarakat,” kata Doktor Hukum Pidana ini.

Bupati Malaka Dr Simon Nahak, SH, MH saat berada di Kebun Cabai Besar milik Polsek Wewiku, jajaran Polres Malaka, di Desa Biris Kecamatan Wewiku, Senin (07/06/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Malaka).

Bupati Simon juga meminta para Camat dan Kepala Desa membangun komunikasi dengan masyarakat agar lahan-lahan tidur dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya secara baik dan mengembangkannya.

Kapolsek Wewiku Iptu Sonny sebagai Penanggungjawab Kebun Percontohan ini mengungkapkan, ada 16 Program Prioritas Kapolri dan salah satunya adalah peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga:  Pemkab Malaka Buka Dompet Peduli Bencana Banjir, Himpun Dana Sementara Rp22 Juta

“Sebagai terjemahannya kami berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa untuk membuat kelompok tani dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada. Hasilnya pasti seperti yang kita saksikan hari ini dengan panen perdana,” katanya.

Dilaporkan Kapolsek Wewiku, awalnya anakan yang ditanam 4.000 pohon. Tetapi, bencana banjir April lalu membuat banyak yang mati. Sehingga ditanam lagi sebanyak 1.500 anakan dan yang siap dipanen kurang lebih 3.000 pohon.

Inilah yang membanggakan kami karena bisa ada hasilnya seperti sekarang ini,  walaupun dengan dana murni secara pas-pasan dari kami anggota Polsek Wewiku,” ujarnya sambil berharap kolaborasi seperti ini terus dipertahankan.

Dia berterimakasih kepada pihak DGW dan PPL Pertanian yang selalu mendampingi pihaknya mengolah lahan ini. Ke depan akan  ada lagi lahan pertanian yang dimanfaatkan untuk budidaya pepaya California dan Melon.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Malaka Pantau Situasi Gereja Jelang Hari Raya Paskah

Camat Wewiku Manfred Laak melaporkan, jumlah Poktan di Kecamatan Wewiku terdapat 120 Poktan yang tersebar di 12 Desa. Untuk usaha tani, lahan yang digunakan untuk penanaman jagung pada Musim Tanam I seluas 2.620 Ha, sorgum seluas 60 Ha, kacang hijau seluas 150 Ha, kacang tanah seluas 35 Ha dan ubi kayu seluas 215 Ha.

Panen perdana Cabai Besar di Kebun Percontohan Polsek Wewiku ini dihadiri Wakapolres Malaka Kompol I Ketut Saba, Danramil 1605-09 Biudukfoho-Wewiku, Poktan dan anggota Polsek Wewiku. (cyk)

  • Bagikan