• Loading stock data...

Perubahan Sosial Budaya Masyarakat di Era Pandemi Dalam Dunia Media Komunikasi dan Informasi

  • Bagikan

Oleh: Ali Rohmadon, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

KEHADIRAN pandemi Corona Virus-19 telah mengubah pola pikir masyarakat. Sebab, pandemi ini menyebabkan ruang gerak masyarakat dalam menjalankan kegiatan kesehariannya, sehingga memaksa masyarakat mengikuti berbagai perubahan.

Ke depan, masyarakat justru akan dihadapkan pada situasi perubahan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sejumlah tata nilai dan norma lama harus ditata ulang dan direproduksi kembali untuk menghasilkan sistem sosial yang baru.

Munculnya tata aturan yang baru tersebut kemudian salah satunya ditandai dengan adanya imbauan dari pemerintah untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah sejak awal kemunculan virus ini di Indonesia. Begitu pula dengan pola kebiasaan masyarakat yang guyub, senang berkumpul dan bersalaman, kini dituntut untuk terbiasa melakukan pembatasan sosial.

Dalam pembatasan sosial sekarang ini muncul transformasi media komunikasi dan informasi yang sangat berkembang pesat dalam kehidupan sosial dapat dimanfaatkan positif dengan sosialisasi penerapan 3M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan) serta ide-ide kreatif yang dituangkan melalui media digital, seperti para content creator yang juga diharapakan untuk memberikan informasi edukasi yang kreatif terhadap masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan 3M agar mampu menekan penyebaran virus corona.

Pandemi bukanlah sebuah keadaan yang serba terbatas. Banyak belajar dari pandemi yang bisa menuai karya gemilang. Melalui pemanfaatan penggunaan media komunikasi digital, kita dapat mempersuasif orang lain dengan keunikan tersendiri yang bisa memotivasi orang lain.
Karya tersebut berisi pesan-pesan moral yang terkait pandemi, khususnya protokol kesehatan, maupun berisi potensi diri yang dapat meningkatkan perekonomian.

Pesan-pesan tersebut mengandung informatif, edukatif, persuasif, ataupun entertainment. Berbagai media komunikasi digital seperti youtube, instagram, tiktok dan masih banyak lainnya yang digunakan untuk menyajikan gagasan-gagasan mendukung era industri 4.0. (*)

  • Bagikan