• Loading stock data...

Kepala Kantor Imigrasi Atambua K.A. Halim: Program Eazy Passport Membuat Warga Perbatasan Timor seperti Raja

Atambua, BisnisNusantara.com-Program Eazy Passport sebagai program Jakarta saat ini sedang gencar dilaksanakan di Perbatasan Timor, tepatnya di Atambua, ibukota Kabupaten Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Kantor Imigrasi Atambua K.A. Halim dalam rilisnya yang diterima redaksi BisnisNusantara.com, Senin (08/03/2021) malam menegaskan, Program Eazy Passport membuat pemohon seperti raja.

Sebab, dalam pelayanan program ini, petugas Imigrasi melayani langsung pemohon di tempat menggunakan mobile unit Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI).

Penegasan ini menyusul pelaksanaan kegiatan Eazy Passport yang dilaksanakan di Aula Plaza Pelayanan Publik Timor Atambua. Dalam kegiatan ini yang disasar adalah komunitas futsal Atambua dan komunitas besar lainnya.

Menurut Halim, melalui kegiatan Eazy Passport, seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan.

“Melalui Program Eazy Passport, pemohon mengajukan permohonan paspor tanpa perlu ke kantor imigrasi. Sebab, petugas akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan”, tandas Halim.

Halim yakin, kegiatan pelayanan Eazy Passport dapat mendekatkan pelayanan imigrasi kepada masyarakat perbatasan.

Untuk kegiatan kali ini, selain menyasar komunitas futsal Atambua, juga komunitas besar lain seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi.

Menurut Halim, kegiatan Program Eazy Passport ini adalah program Jakarta yang harus dibreakdown sampai di daerah.

“Kita di daerah harus breakdown program Jakarta. Sebab, kita punya target kinerja”, demikian Halim.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua Revi Arinal Hakim mengatakan, melalui layanan Eazy Passport ini Instansi Pemerintah, Swasta, Organisasi/Komunitas maupun kelompok masyarakat dapat mengajukan permohonam paspor secara kolektif dan tidak perlu datang ke Kantor lmigrasi.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan baik petugas maupun masyarakat pemohon Paspor agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Hingga selesai kegiatan, petugas Imigrasi berhasil memroses 20 permohonan paspor dari Komunitas Futsal Kota Atambua.

Selain proses permohonan paspor, petugas juga menyebarkan informasi keimigrasian berupa pembagian brosur kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini.

Atambua adalah ibukota Kabupaten Belu. Inilah satu dari empat kabupaten wilayah Indonesia di Propinsi NTT yang berbatasan langsung dengan wilayah negara Timor Leste.

Kabupaten Belu sendiri berbatasan langsung dengan Distrik Bobonaro, negara Timor Leste di bagian utara.

Di bagian selatan, ada Kabupaten Malaka yang berbatasan langsung dengan Distrik Covalima.

Di bagian tengah, ada Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang berbatasan langsung dengan Distrik Ambeno.

Sedangkan di bagian barat, ada Kabupaten Kupang yang berbatasan langsung dengan Distrik Ambeno pula. (cyk)

Komentar