• Loading stock data...

Fraksi Ampera DPRD TTU Soroti Rencana Kehadiran Alfamart

  • Bagikan

Kefamenanu, BisnisNusantara.com-Fraksi Ampera DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) soroti serius rencana kehadiran bisnis toko modern Alfamart di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste itu.

Sorotan itu dinyatakan Sekretaris Fraksi Ampera DPRD TTU John Salem dalam Sidang Paripurna III dengan materi penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD TTU, Kefamenanu, Selasa (03/08/2021).

John lebih jauh mempertanyakan kebijakan pemerintah daerah yang memberikan izin untuk beroperasinya Alfamart. Sebab, pemberian izin itu tidak didahului dengan kajian dampak ekonomi yang akan menimpa masyarakat TTU. Padahal, di masa pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat TTU mengalami tekanan ekonomi luar biasa.

Baca Juga:  DPRD TTU Kunjungi Plaza Pelayanan Publik Timor Atambua

“Kehadiran Alfamart di masa pandemi Covid-19 ini sangat berpotensi mematikan Usaha Kecil Menengah dan Mikro atau UMKM”, tandas John.

Anggota Dewan dari Partai Demokrat ini menegaskan, sah-sah saja apabila ada kebijakan pemerintah untuk menghadirkan pasar modern Alfamart di Kabupaten TTU. Tetapi, proses pengambilan kebijakan pemerintah itu harus melibatkan kelompok pelaku UMKM.

Hal ini penting untuk mendengarkan masukan dari kelompok pelaku UMKM dan pelaku pasar tradisional yang akan menerima dampak dari hadirnya Alfamart di TTU

Baca Juga:  DPRD TTU Kunjungi Plaza Pelayanan Publik Timor Atambua

Karena itu, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTU, John mengusulkan cukup tiga outlet Alfamart yang saat ini sedang beroperasi di Kefamenanu, ibukota Kabupaten TTU.

“Nantinya kita sama-sama memantau dampaknya untuk dievaluasi”, kata John.

Seusai sidang, dalam wawacara terbatas dengan media, John yang adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten TTU ini menegaskan, Bupati TTU menerima semua saran dan masukan yang berkembang dalam sidang terkait lokasi dan jumlah Alfamart.

“Lokasi dan jumlah Alfamart yang disetujui pemerintah untuk diuji coba hanya tiga outlet Alfamart dalam kota”, tandas John.

Baca Juga:  DPRD TTU Kunjungi Plaza Pelayanan Publik Timor Atambua

Karena itulah, pihaknya akan mengukur komitmen bupati dan wakil bupati dalam melaksanakan usul, saran dan sikap anggota DPRD yang disampaikan dalam Sidang Paripurna.

Hadir pada kesempatan itu pejabat yang mewakili bupati dan wakil bupati bersama sejumlah pejabat teras Pemkab TTU. Sedangkan dari pihak legislatif, hadir tiga pimpinan DPRD dan semua anggota dari tujuh fraksi yang ada di DPRD TTU, yakni Fraksi NasDem, Fraksi Golkar, Fraksi Hanura, Fraksi PKB, Fraksi Gerindra, Fraksi Ampera dan Fraksi Indosnesia Sejahtera.

Sidang tersebut dipimpin Ketua DPRD TTU Hendrikus Bana, SH. (cyk)

  • Bagikan